human-physiology.com merupakan blog pemberi informasi untuk kalian semua semoga saja kalian mendapatkan informasi menarik di blog ini.

Mengatur Pencahayaan Pada Ruangan

Dalam menentuklan penataan cahaya dalam ruangan rumah wajib ada perhitungan serta penempatan titik lampu yang cermat, serta bila penempatannya benar bakal menghindarkan Kamu dari konsumsi listips berlebihan.

Mengatur Pencahayaan Pada Ruangan

Ada dua faktor yang biasanya menjadi perhatian orang saat menata pencahayaan untuk rumah mungil, anggaran serta daya. Sebelum menata pencahayaan, faktor pertama yang butuh diperbuat, kata Abdi, merupakan menghitung alokasi daya untuk pencahayaan.

Besar alokasi daya untuk pencahayaan di sebuahruangan dipengaruhi oleh tak sedikitnya aktivitas di ruangan tersebut. “Kita ambil contoh ruangan seluas 20m², yang dikegunaaankan untuk ruang keluarga serta ruang makan. Katakanlah daya yang dialokasikan merupakan 300 watt,” ujarnya.

Besar daya 300 watt tadi, lanjutnya, kemudian dibagi untuk tiap kegunaaan ruang, ruang keluarga serta ruang makan, masing-masing mendapat alokasi daya sebesar 150 watt. Daya yang telah dialokasikan tadi bakal dibagi lagi sesuai jumlah titik lampu, yang disesuaikan dengan aktivitas kami di ruangan tersebut.

Seusai pemecahan daya, berikutnya kami buat pengelompokan lampu. Untuk satu ruangan biasanya dibangun dua hingga tiga kelompok lampu, yang masing-masing dikendalikan satu stop kontak.

Umpama, satu stop kontak mengendalikan lampu-lampu aksen, stop kontak lain dibangun untuk mengendalikan lampu ambience. Pengelompokkan lampu bakal memudahkan kami mengendalikan lampu mana yang masih nyala saat aktivitas di ruangan sedang, serta mana yang tidak.

Apabila di ruang keluarga aktivitas sedang tinggi, serta lampu menyala semua, artinya daya yang dgunakan merupakan 150 watt, usahakan daya yang dihabiskan untuk pencahayaan ruang makan lebih rendah, 50 watt umpama.

Dengan tutorial mematikan sebagian kelompok lampu yang tak terlalu diperlukan, lampu-lampu aksen umpama. Sebaliknya pun demikian. Apabila di ruang makan, aktivitas sedang tinggi, matikan lampu-lampu yang tak diperlukan di ruang keluarga.

Bagaimana apabila aktivitas di kedua ruangan sedang sama tinggi? Masih jaga jangan hingga seluruh alokasi daya dihabiskan. Dapat kami buat sebanding masing-masing 100 watt, umpama. Caranya masih sama, yaitu dengan mematikan kelompok lampu yang tak diperlukan.Demikian tipanya semoga berguna untuk kamu dalam menata pencahayaan ruang.
Share: