human-physiology.com merupakan blog pemberi informasi untuk kalian semua semoga saja kalian mendapatkan informasi menarik di blog ini.

Jangan Anggap Sepele Mata Kering, Insto Dry Eyes Solusinya

Mata kering merupakan kondisi di mana mata mengalami kekurangan cairan yang disebabkan karena produksi air mata yang terlalu sedikit ataupun air mata yang mudah menguap. Bahkan kondisi yang satu ini juga sering diabaikan padahal mata merupakan salah satu organ yang cukup penting. Nah berikut poin penting yang perlu Anda perhatikan seputar yang kering.

Jangan Anggap Sepele Mata Kering, Insto Dry Eyes Solusinya

Penyebab Mata Menjadi Kering
Produksi air mata yang turun dan terganggu juga penguapan air mata yang terlalu cepat juga merupakan salah satu faktor utama mengapa mata menjadi kering. Tak hanya itu saja, mata yang mengering juga bisa disebabkan oleh banyak faktor mulai dari usia, efek obat-obat, terlalu lama berada di ruangan ber-AC, hingga perubahan hormon.

Tak hanya itu saja, ada juga banyak aktivitas lain yang bisa menyebabkan mata menjadi kering. Aktivitas tersebut antara lain seperti menulis, membaca, dan terlalu lama menatap layar komputer atau layar ponsel. Pasalnya aktivitas ini cenderung membuat frekuensi mata berkedip menjadi berkurang.

Bahkan ada juga beberapa jenis penyakit yang ikut menjadi faktor yang menyebabkan mata menjadi kering. Beberapa jenis penyakit tersebut antara lain seperti penyakit konjungtivitis alergi, sindrom Sjogren, HIV, skleroderma, bell’s palsy, lupus blefaritis, disfungsi kelenjar meibomian, dermatitis kontak, dan rheumatoid arthritis.

Diagnosis Mata Kering
Pada umumnya diagnosis mata yang kering dapat dilakukan oleh dokter spesialis mata dengan melihat tanda-tanda pada mata. Seperti mata sepet, mata pegel, dan berbagai gejala lainnya yang dialami oleh penderita. Selain melakukan pemeriksaan biasa, terkadang dokter juga akan melakukan proses pemeriksaan khusus untuk memperkuat analisis.

Schirmer’s test merupakan salah satu jenis pemeriksaan yang dilakukan untuk mengukur seberapa jauh tingkat kekeringan yang terjadi pada mata. Cara yang satu ini dilakukan dengan menempelkan kertas khusus ke kelopak mata yang mampu menyerap cairan pada bagian kelopak mata selama kurang lebih 5 menit.

Cara Mengatasi Kekeringan Pada Mata
Sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter, ada baiknya Anda melakukan pengobatan sendiri terlebih dahulu. Untuk mengatasi mata perih dan mata kering, Anda dapat menggunakan obat tetes mata Insto Dry Eyes yang sudah terbukti aman dan tidak menimbulkan efek ketergantungan. Obat tetes mata ini bermanfaat untuk membantu melembapkan mata.

Namun jika pengobatan yang sudah Anda lakukan sendiri di rumah tidak berakhir, maka sebaiknya segera temui dokter. Pasalnya kekeringan pada mata jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan berbagai masalah yang lebih serius. Biasanya juga dokter akan meresepkan berbagai obat yang bermanfaat untuk menstimulasi dan meningkatkan produksi air mata.

Bagaimana Cara Mencegah Kekeringan Pada Mata?
Pada dasarnya ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kekeringan pada mata. Mulai dari selalu menjaga kebersihan mata, selalu menjaga mata dari paparan debu, menghindari penggunaan riasan yang dapat memicu mata menjadi kering, hingga rutin menggunakan obat tetes mata Insto Dry Eyes.

Selain beberapa hal di atas, pastikan Anda juga selalu menerapkan gaya hidup sehat agar mata terhindar dari kekeringan. Beberapa kebiasaan yang perlu Anda terapkan antara lain seperti jangan terlalu lama menatap layar komputer, rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3 dan omega 7, hingga rutin mengistirahatkan mata.

Nah di atas merupakan beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan seputar kekeringan pada mata. Tahukah Anda jika mata lelah, merah, kering, perih, pegel, dan sepet merupakan gejala kekeringan pada mata. Jadi jika beberapa gejala tersebut sudah mulai Anda rasakan pastikan segera gunakan Insto Dry Eyes untuk membantu mengatasinya. 
Share: